Saturday 21 September 2013

MIPA Marathon SMAN 8 Jakarta

Heyy! I'm back. Kali ini gue bakalan cerita tentang lomba yang telah gue laksanakan yaitu MIPA Marathon di SMAN 8 Jakarta. Mau gue ceritain kronologisnya nggak? Yey! oke gue ceritain.

Kamis pagi, ada telefon berdering. Berisik banget, gara-gara telfon itu gue kebangun alhamdulillahnya. Awalnya mba Sopi yang ngangkat, eh kata mba Sopi dari guru gue. Gue sih kaget cuma ya gue shalat shubuh aja dulu. Bunda abis bicara sama orang yang baru saja menelfon rumah gue(?) bilang kalo tadi itu pak Yuro dan beliau nanyain kebersediaan gue untuk ikut MIPA Marathon di SMAN 8. Absolutely, mama gue said yes! dan gue sependapat sama mama gue. Jujur sih takut kalah lagi, tapi jalanin dulu aja. 

Jumat, katanya ada breefing buat yang ikut lomba. Jadinya, gue, ilham, faisal, nurul dipanggil sama pak  Treza buat dikasih info penting sama pak Sarmilih. Anak aksel-1, fadilla, dia juga ikut. Dia itu pinternya tidak bisa terdefinisikan:") Kembali ke topik, karena lomba ini metodenya tim, jadi satu tim which is consist of 3 person itu memberikan masing-masing satu perwakilan buat mapelnya. Gue sekelompok sama ilham randi&arsa radix. Gue biologi, ilham matematika, dan radix fisika. Gue takut bangett. Tapi ydhlhy. Malem itu juga, gue belajar biologi, walaupun agak gabut. 

NAHH. HARI INI NIH LOMBANYA. SABTU YO. Pagi-pagi gue berangkat ke sekolah (my lovely labsraw<3<3) terus gue nungguin salma, padahal pak treza udah nyuruh gue ke gerbang depan dan dia sms gue gini "oke, galau yah udah turun naik lagi :p"-___- pas nurul dateng, salma juga dateng jadinya kita barengan ke pak treza. Kak Tetra udah dateng dan dia membawa buku osn biologi, sabar aja. Akhirnya temen lain mulai berdatangan. Kita berangkat ke smandel sekitar 7 kurang 15, dan nyampe disana 7 lewat dikit. Jadi kita nunggu di kelas x berapa gitu. Kita nunggu sampe waktunya buat memisah-misah, yg biologi, mtk, dan fisika. Gue&kak tetra samaan ruangannya karena kita biologi-_- 

Gue dapet tempat duduk paling depan, gue takut, nervous, gugup, macemmacem. Abis itu dikasih soal tapi gaboleh dibuka dann kakaknya ngebacain peraturannya. Jam menunjukkan pukul 8. That means, saatnya mengerjakan soal. Gue buka perlahan dan gue langsung kayak "what the hell. soal apaan nih?" SUSAHNYA MINTA DITABOK. Sumpahhhh susah banget. Tapi gue berusaha positive thinking karena kata Fadilla "kak, nanti liatnya jangan yang depan kak. soalnya lebih susah" ok gue balik lembaran soal, dan masih sama......SUSAHNYA MINTA DICUBIT. Sampe akhirnya gue terharu ngeliat soal no. 26 yang gampang yey! hftt. gue coba ngerjain, tekun, berserah diri, pasrah, berdoa dan.....ngasal yey. RASANYA PENGEN CEPET-CEPET SELESAI TAUGAK. 1,5 jam pun berlalu. gue keluar dari ruangan dan bertemu salma, nurul dan kita langsung kayak "SUSAH BANGET GILA" hftt. Kita nunggu pengumuman dengan berjalan-jalan, main tod, makan dll. Pengumuman pun diumumkan(?) dan GUE LOLOS!!! Dan gue harus bercerdas cermat ria bersama SMPK 5 Penabur dan smabel</3 gue udah agak pesimis gitudech. btw, ternyata dari 3 grup labsraw, yang galolos itu grup C. Gue memasuki ruangan, ngeliat muka anak penabur, smabel dan gue hanya bisa straight face. GANGERTI LAGI. Babak semifinal pun dimulai daan yang pertama kali jawab itu penabur. SOAL  MTK NYA MANTAB. Tapi mereka bisa jawab-_- fisika sama aja. biologi lebih lumayan dan skor mereka 900/1200:( lanjut smabel....mereka poinnya 600. NAH, sekarang nih grup gue. Pas mtk gue cuma bisa ngomong, "Ini soal apaan sih?gangerti". Gue menyerahkan semua sama si ilham randi. Pas fisika ada satu soal gampang dan gue SESATT! gue malah dibagi 2 dan alhasil salah pemirsa. Terus pas biologi, gue sesat lagi dan malah ilham bener-_- akhirnya 1 soalpun berhasil kita jawab yey-_- 

Lanjut babak taruhan, anak penabur berani ey. kita cuma bisa pasang poin 80, 50, 70 hiks:') YAH INTINYA DI BABAK INI KITA KALAH YEY. Terus babak rebutan. mtk nyerah, fisika ada satu soal lumayan tapi kerebut 115, di babak rebutan kita -100 dan +250. Jadi, totalnya anak penabur 1600-an, smabel 350 dan kelompok gue 250. hft. 

KABAR MENGEJUTKAN DATANG DARI TETANGGA PEMIRSA. Kelompok Faisal, Nurul&Fadilla berhasil masuk babak final. weee *angkat tangan*. hftt. Proud of them but yeah iri banget. Karena gak ada kesempatan buat lanjut lagi, gue pun pulang dan akan ikut oral test! penderitaankuh tidak berenti-berenti yach;;) 

jadi, begitulah. apakah gue terlahir untuk selalu kalah? gajuga karena setiap orang pasti mengalami kemenangan, karena quote yang sangat mainstream mengatakan "kegagalan adalah kemenangan yang tertunda" well, kadang emang bener. tapi kapan saatnya gue menang?! sekian.

"Almost won means nothing but lose. Learn from your lesson, you'll be stronger" -Toba Beta

No comments:

Post a Comment